Rabu, 03 Maret 2010

Sekilas tentang rumah tinggal di Masyarakat Indonesia

Arsitektur Rumah tinggal merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Setiap keluarga pasti membutuhkan rumah untuk kelangsungan hidupnya. Rumah sebagai wadah kegiatan keluarga, rumah berperan besar dalam membentuk kebahagiaan dan kesejahteraan manusia sebagai individu, keluarga dan masyarakat.

Rumah atau papan dalam urutan kebutuhan hidup manusia menempati tingkat utama bersama dengan sandang dan pangan. Berbeda dengan kebutuhan sandang dan pangan, kebutuhan akan rumah tinggal tidak  mudah dapat terpenuhi. Penyediaan Rumah tinggal sederhana memerlukan investasi yang besar dan hampir tidak dapat ditanggungkan pada sebagian besar masyarakat terutama di kota besar di Indonesia. Penyediaan rumah dalam bentuk berderet dalam lingkungan perumahan sederhana. Posisi rumah yang satu dengan yang lain berdekatan tanpa adanya space lagi

Tingginya investasi kepemilikan rumah tinggal mendorong upaya berbagai pihak untuk dapat mencapainya, baik individu masyarakat, pemerintah maupun swasta. Pemerintah dan swasta berusaha menurunkan harga kebutuhan akan rumah tinggal agar dapat dipenuhi sesuai dengan kondisi kemampuan masyarakat. Pemerintah telah mengeluarkan peraturan tentang tata guna lahan untuk pemukiman dan komposisi tipe banguanan agar tercapai keseimbangan paemenuhan kebutuhan rumah untuk masyarakat menengah ke bawah. Lembaga keuangan didorong untuk menyediakan kredit kepemilikan rumah (KPR) agar pembelian rumah dapat dilakukan dengan mengangsur dalam jangka waktu tertentu.

Pengembang atau developer sebagai pihak swasta yang menyesuaikan keterbatasan kemampuan dana masyarakat dengan membatasi luas halaman, memperkecil dan menyederhaakan rumah, hal ini biasa disebut rumah sederhana. Pada dasarnya kualitas rumah diturunkan sampai ke standart minimal layak huni bagi manusia supaya harga rumah dapat terjangkau. Wujud bangunan jauh dari sentuhan ide arsitek.

Dengan adanya rumah sederhana ini diharapkan, rumah sederhana ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial tiap individu. Pengembangan rumah ini kemudian memberikan bermacam-macam variasi bentuk sesuai dengan kemampuan penghuni. Apabila anda berkeinginan mengembangkan rumah sederhana dengan sentuhan desain arsitek surabaya silahkan hubungi Adiarsitek Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar