Kamis, 04 Februari 2010

Arsitektur di lahan berkontur menunjang rumah idaman anda

Arsitektur, tips arsitek untuk pertimbangan membangun rumah tinggal / villa di lahan berkontur. Aspek arsitektur dalam pemanfaatan Lahan berkontur yang lebih baik dapat membuat rumah idaman anda semakin berkarakter pribadi anda. Jangan pernah takut memiliki lahan berkontur karena banyak potensi arsitektur yang dapat digali di dalam lokasi. Menggali potensi lahan tempat sebuah rumah tinggal yang akan didirikan memerlukan perhatian khusus dari arsitek dan pemiliknya agar hunian tersebut memenuhi syarat sebagai rumah tinggal.


Membentuk wujud bangunan dan susunan ruangnya bukanlah perkara mudah, langkah awal yang sederhana boleh jadi justru menghasilkan wujud yang rumit di tahap akhir. Rumah tinggal di atas lembah termasuk kategori bangunan peristirahatan atu biasa disebut villa, ruang terbuka dibuat mengikuti kontur lembah untuk melunakkan wujud bangunan. Membangun di lahan berkontur jangan takut memiliki lahan curam dan tajam karena disitu justru tersimpan potensi yang besar untuk menghadirkan sebuah bangunan yang tidak mengganggu dan mengubah kondisi lingkungan sekitarnya. 

Sehubungan dengan pembanunan rumah diatas lahan berkontur atau lembah. Kami tim arsitek surabaya telah memiliki beberapa tips & trik arsitektur guna membangun di lahan kontur. Tips arsitektur kami antara lain:
  1. Perhatikan kondisi sekeliling lahan, taksir kekuatan tanahnya dengan jalan memperhatikan pepohonan yang ada dan pertimbangkan pepohonan tersebut dapat difungsikan tanpa harus ditebang.
  2. Pilih bagian yang paling landai (agak datar) di dalam tapak karena disitulah tempat terbaik untuk mendirikan bangunan utama dan ruang utama, setelah itu baru pilih daerah lain untuk bangunan tambahan lainnya.
  3. Jika memungkinkan, bagilah bangunan menjadi beberapa fungsi bagian bangunan yang berdiri sendiri-sendiri untuk menciptakan suasana resort.
  4. Perbanyak bukaan yang menghadap ke arah lembah dan puncak agar panorama alam tertangkap secara maksimal.
  5. Kontur yang terjal dan tak beraturan dapat dimanfaatkan untuk jalur jogging.
  6. Gunakan bahan-bahan alami baik bahan dasar bangunan maupun finishing. 
  7. Apabila anda mengharapkan singgle building maka panjang dan lebar bangunan jangan dimaksimalkan, sehingga masih ada area terbuka.
  8. Manfaatkan beda ketinggian dengan sistem split level, keuntungan split level anda akan mendapatkan view yang lebih luas tanpa halangan. Pada artikel lain saya akan mengulas tentang split level pada karya arsitektur 
  9. Untuk fasilitas publik sebaiknya gunakan ruangan tanpa dinding ataupun tanpa atap karena anda akan merasa menyatu dengan alam.
Selamat mencoba trik arsitektur yang saya berikan jangan pernah takut memiliki lahan berkontur untuk rumah idaman anda. Kalupun anda kesulitan mengenai perencanaan rumah atau villa di lahan berkontur, silahkan hubungi kami. Dapatkan solusi dari ide kreatif tim arsitek surabaya.

Tim adimunandar arsitek surabaya akan membantu mewujudkan arsitektur di lahan berkontur. Tim kami menyediakan jasa arsitek Surabaya & jasa arsitek di seluruh Indonesia. Kami juga menyediakan jasa kontraktor pembangunan rumah. Silahkan menghubungi tim Adimunandara Arsitek di 0852.3030.8464 / 031.7043.3570

Tidak ada komentar:

Posting Komentar