Jumat, 27 April 2012

Desain Arsitektur Surabaya Tempo Dulu

Sebagai arsitek yang berdomisili di Surabaya, saya memiliki beberapa gambar desain Arsitek Surabaya pada masa lalu & terwujud kedalam beberapa bangunan Arsitektur Surabaya tempo dulu. Buat anda yang senang melihat bangunan masa lalu & mencari gambar arsitektur Surabaya tempo dulu, silahkan melihat keindahan Desain Arsitektur Surabaya tempo dulu yang ada di posting adi arsitek ini. Bangunan arsitektur surabaya masa lalu terlihat cantik karena foto diambil pada masanya. Hasil fotonya masih hitam putih, sehingga sosok bangunan (siluet bangunan), bentuk bangunan dan detail bangunan terlihat dengan Jelas.

Desain Arsitek pada bangunan arsitektur tempo dulu ini masih dipengaruhi oleh pendudukan Belanda di masa itu. Arsitektur Eropa masih kental terasa walaupun sudah didesain ulang disesuaikan dengan iklim Surabaya. Bentuk bangunan beragam yang dipengaruhi oleh bentukan bangunan orang Belanda di Surabaya. Bentukkan bangunan yang dominan adalah arsitektur semi klasik eropa. Kecenderungan bangunan klasik terlihat dari Proporsi bangunan, komposisi bangunan dan detail bangunan.

Bentuk arsitektur lain yang muncul pada masa itu adalah bentuk arsitektur art deco sebagai perwujudan bangunan moderen, dengan garis desain lurus dan bentukkan yang simple, bangunan tanpa detail ornamen seperti bangunan klasik. Seperti yang terlihat di bangunan kantor gubernur Jatim di jalan pahlawan Surabaya.  Bentuk bangunan terlihat model arsitektur art deco kental sekali.

Bentuk Arsitektur yang lain yang ada adalah adanya pengaruh budaya cina (budaya tionghoa). Bangunannya yang ada adalah model bangunan klenteng dengan bentuk arsitektur cina yang khas. Dan juga memiliki detail bangunan cina yang khas. Dan juga bentuk bangunan cina memiliki bentuk atap yang khas berupa atap pelana yang melengkung ke atas.

Model atap yang berbeda-beda namun ada sedikit persamaan bentuk atap. Bentuk atap umumnya atap perisai dengan kemiringan atap bangunan yang tajam, sudut bangunan di atas 45 derajat. Sehingga facade bangunan terlihat menjulang namun masih terlihat propori karena dinding bangunan yang tinggi, plafond umumnya dibuat tinggi. Tinggi plafond umumnya lebih dari 5 meter. Struktur atap menggunakan struktur rangka atap kayu, karena pada banyaknya stok kayu di Indonesia.

Dinding bangunan umumnya tebal. Dinding bangunan tebal juga memiliki fungsi struktur bangunan, sebagai sturktur dinding pemikul maklum pada masa itu masih belum ada struktur beton bertulang. Dinding juga disesuaikan dengan iklim surabaya sehingga interior bangunan terasa sejuk dan nyaman.

Pada saat ini bangunan Arsitektur ini ada sebagian yang sudah berubah fungsi dan ada beberapa bangunan yang telah dibongkar. Jika pihak yang berwenang tidak melestarikan bangunan Surabaya Tempo dulu ini maka sangat disayangkan Surabaya kehilangan banyak cagar budaya berupa Arsitektur bngunan.

Buat saya sebagai Arsitek Surabaya, arsitektur tempo dulu ini akan memberikan kenangan masa lalu yang indah. Kita dapat melihat fungsi bangunan masa lalu itu. Foto arsitektur bangunan dapat dilihat bagaimana kegiatan masa lalu, sistem transportasi yang digunakan. Dari foto Arsitektur Surabaya masa lalu ini dapat kita lihat bagaimana budaya yang melatarbelakangi desain Arsitektur itu sendiri dan budaya tempat berdirinya bangunan arsitektur itu berada.

Harapan saya dapatkah saya sebagai arsitek muda Surabaya dapat mengambil pelajaran desain masa lalu yang diterapkan pada arsitektur nusantara. Desain arsitektur surabaya tempo dulu yang dapat diterapkan pada bangunan masa kini. Desain arsitektur hasil karya Adiarsitek Surabaya, semoga memberikan warna bagi perkembangan arsitektur Surabaya.
Arsitektur tempo Dulu -Bank Internasional Indonesia - Surabaya

Arsitektur tempo Dulu -Bank Mandiri jl. pahlawan - Surabaya
Arsitektur tempo Dulu -Klenteng kawasan kapasan - Surabaya

Arsitektur tempo Dulu -kantor gubernuran jalan pahlawan - Surabaya

Arsitektur tempo Dulu -pertigaan Bank mandiri pahlawan - veteran - Surabaya

Arsitektur tempo Dulu -Gedung cerutu- JMP- Surabaya

Arsitektur tempo Dulu -Kawasan gedung Grahadi - Surabaya

Arsitektur tempo Dulu -Gedung N.V. SIMPANGSCHE APOTHEEK - Surabaya

Arsitektur tempo Dulu  - Hotel Oranje_mojopahit

arsitektur tempo dulu _surabaya_Jalan Gemblongan

arsitektur tempodulu_surabaya_Jalan Kembang Jepun

arsitektur_surabaya_Jalan Kembang Jepun

arsitektur_surabaya_Jalan Pahlawan Surabaya

arsitektur_surabaya_Bank mandiri Jalan Pahlawan Surabaya

arsitektur_surabaya_Jalan Pahlawan Surabaya

arsitektur_surabaya_Jalan Panggung

arsitektur_surabaya_Jalan Panglima Sudirman

arsitektur_surabaya_Jalan Slompretan dan Jalan Coklat

arsitektur_surabaya_Jalan Tunjungan

arsitektur_surabaya_Jembatan Merah

arsitektur_surabaya_Jembatan Merah

arsitektur_surabaya_Kalimas

arsitektur_surabaya_Nederland Handels Maatschppij_jlNkaret

arsitektur_surabaya_Pharmas Import MIJ Helmig & CO_alun2_contong

arsitektur_surabaya_Simpang Street

arsitektur_surabaya_Tanjungperak.

arsitektur_surabaya_Tepi Kalimas

arsitektur_surabaya_Whiteway_siola

arsitektur_surabaya_Whiteway_siola

arsitektur_surabaya_Whiteway_siola

arsitektur_surabaya_Whiteway_siola

arsitektur_surabaya_ampel

arsitektur_surabaya_bundern_siola

arsitektur_surabaya_gedung BAAI

arsitektur_surabaya_jembatan_peneleh

arsitektur_surabaya_jembatan_peneleh2

arsitektur_surabaya_jln_veteran

arsitektur_surabaya_klenteng_slompretan

arsitektur_surabaya_kya_kya

arsitektur_surabaya_pasar turi


arsitektur_surabaya_pintu air Jagir

arsitektur_surabaya_rumah_sakits_umum_delta_plaza

arsitektur_surabaya_stasiun_semut

arsitektur_surabaya_stasiun_semut

arsitektur_surabaya_tram stop di Wonokromo.

jalan_pahlawan_surabaya

Selasa, 17 April 2012

Rumah Urban di Surabaya pada Lahan 10x20

Adi Arsitek Surabaya menawarkan konsep rumah urban untuk rumah jual beli ini. Arsitektur di rumah urban lahan 10x20. Desain arsitek untuk rumah urban di Surabaya. Lahan peruntukan untuk rumah yang semakin mahal, membuat luas lahan rumah tinggal menjadi semakin terbatas. Desain arsitektur untuk rumah urban harusnya mengoptimalkan lahan yang tersedia supaya rumah urban ini mampu menampung kegiatan semua penghuni rumah serta tetap nyaman dihuni. Secara estetika desain arsitektur, facade atau tampak rumah di perkotaan harus dapat memiliki jati diri arsitektur yang berbeda sehingga menghasilkan bangunan yang menonjolkan arsitektur rumah masa kini.

Desain arsitek pada rumah urban yang berlokasi di daerah darmo permai selatan Surabaya, terlihat lebih menarik karena terlihat lebih dinamis namun tampak rumah lebih elegan. Ukuran tanah untuk rumah adalah 10x20 = 200m2. Alamat Rumah : Darmo Permai Selatan X-89 Surabaya. Rumah urban ini adalah rumah yang diperuntukkan untuk rumah jual beli property di Surabaya. Jadi desain arsitek mengacu pada hal orientasi profit property. Sehingga rumah urban ini harus memiliki desain arsitektur yang menarik calon pembeli rumah. Rumah ini harus memiliki interior yang nyaman untuk ditempati.

Konsep desain arsitektur yang diterapkan dari tim arsitek sebagai dasar perencanaan arsitektur dan desain interior untuk rumah urban ini. Konsep desain aristektur yang digunakan adalah desain rumah minimalis. Tampilan tampak bangunan minimalis yang digunakan menggunakan pengolahan bentuk dasar kubus dengan atap tunggal, atap model perisai. Pengulahan bentuk pukal (solid), penggunaan bidang lurus serta penggunaan garis desain lurus dan tegas merupakan kekuatan elemen arsitek rumah urban di Surabaya ini. Hal ini dapat anda lihat pada gambar presentasi  prespektif yang hitam putih atau monokrom.

Desain arsitek pada aspek arsitektur pada rumah urban ini pada penempatan bidang maju mundur bangunan yang tidak simetris. Desain arsitektur menggunakan keseimbangan tampilan bangunan yang asimetris membuat arsitektur bangunan ini terasa menarik. Desain Arsitekur - Olah bentuk masif, bidang & garis. Pengolahan bentuk kubus menciptakan beberapa bidang masif yang diberikan material bangunan yang berbeda berupa cat yang gelap terang dan unsur shading memberi nilai lebih pada tampilan arsitektur rumah minimalis ini. Untuk area pintu masuk bangunan digunakan empasis. (EMPASIS) Penekanan area tertentu di desain arsitektur berupa bidang L yang terbentuk dari balkon dan kolom pipih yang diberi finishing material alam, batu sisir andesit.

Pada awalnya, lokasi rumah ini telah berdiri rumah eksisting dengan 1 lantai. Secara teknis struktur bangunan serta beberapa bagian dinding tidak dirobohkan, dinding lama tetap dipertahankan agar biaya bangunan tidak mahal. Susunan ruang yang tercipta cenderung menggunakan interior area publik yang terbuka. Interior bangunan tidak menggunakan banyak sekatan dinding masif. Sehingga dari ruang publik (ruang duduk keluarga) aliran pergerakan udara alami jadi lebih baik. Untuk lantai 1 memiliki 2 ruang tidur sedangkan untuk lantai 2 memiliki 1 ruang tidur + ruang tidur utama.

Bagi anda mencari Arsitek untuk mendapatkan rumah idaman. Silahkan menghubungi Adimunandar Arsitek, Arsitek surabaya untuk mengerjakan desain arsitektur dan desain interior rumah anda  berupa arsitektur rumah urban, arsitektur rumah minimalis maupun bangunan arsitektur yang lain. Anda dapat menghubungi tim desain Adi Arsitek, Adi munandar & Associate | Arsitek & Desain Interior.
Arsitektur - Desain arsitek untuk rumah urban suasana malam hari 

Arsitektur  rumah urban dengan lighting 

tampak depan desain rumah urban dengan desain rumah minimalis 

Sketsa Arsitektur - Komposisi bentuk asimetris pada rumah urban surabaya 

Unsur desain bidang kotak dan garsi lurus di rumah minimalis Surabaya 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...