Sabtu, 18 Agustus 2012

Prinsip desain arsitektur rumah murah minim budget

Prinsip dasar rumah sederhana minim budget dapat menciptakan keindahan estetika arsitektur Indonesia. Tampilan Arsitektur rumah minim budget nampak terlihat sederhana. Desain arsitektur bangunan tampil apa adanya serta tanpa adanya detail bangunan yang rumit. Rumah sederhana yang tercipta disesuaikan rencana anggaran biaya pembangunan rumah. Beberapa foto karya arsitektur dibawah ini merupakan aplikasi penerapan desain rumah murah unfinishing. Solusi desain rumah murah yang menghasilkan karya arsitektur sederhana dengan penekanan penghematan biaya pembangunan rumah namun terlihat indah.

Beragam cara untuk mendapatkan desain arsitektur rumah murah dengan biaya pembangunan rumah yang murah. Penerapan rumah murah ini dapat dilakukan pada rumah tinggal 1 lantai maupun rumah tinggal 2 lantai. Beberapa prinsip desain arsitektur untuk mendapatkan rumah murah diantaranya adalah:
  1. Desain penataan pola ruang & susunan ruang yang tepat dan efektif secara fungsi & struktural dengan modul ruang yang efektif. 
  2. Penggabungan beberapa ruangan menjadi satu ruang multifungsi. 
  3. Bagian pembentuk ruang tetap dibiarkan apa adanya sesuai dengan bahan material pembentuknya: kolom, balok, plat lantai, dinding tanpil apa adanya.
  4. Penggunaan dinding batu bata tanpa finishing namun dengan batu bata khusus. Permainan modul penyusunan dinding batu bata dapat memberikan ornamen pada desain rumah sederhana ini.
  5. Penggunaan batu bata biasa namun hanya diberi finishing plester acian tanpa cat.
  6. Struktur bangunan, terutama kolom struktur, balok, plat lantai tetap dibiarkan begitu saja. Beton struktur tampil apa adanya tanpa elemen finishing. 
  7. Penggunaan modul struktur yang efektif dapat menghemat biaya pembangunan.
  8. Penggunaan bahan daur ulang pada finishing bangunan: baik untuk kusen & pintu.
  9. Lantai bangunan tanpa finishing keramik / marmer.
  10. Penggunaan penutup atap dari bahan asbes non asbeston. Model atap umumnya menggunakan atap pelana dengan struktur atap yang sederhana.
Suatu karya arsitektur tidak harus tampil dengan bahan dan teknologi yang maju. Banyak tampilan arsitektur dengan finishing moderen tak cocok dengan kondisi iklim indonesia yang berpengaruh pada kenyamanan penghuni rumah. Trend rumah unfinshing ini dapat menjadi acuan untuk pembangunan rumah tinggal masa kini. Trend rumah tinggal masa kini didominasi oleh trend rumah minimalis dengan finishing yang rapi dengan biaya biaya bangun rumah yang cukup mahal.

Banyak material lokal yang dapat disajikan dalam suatu tampilan rumah untuk membentuk karya arsitektur dengan anggaran biaya pembangunan yang relatif murah. Tim Arsitek Surabaya "Adi Munandar architect" akan membantu anda untuk mewujudkan impian masyarakat indonesia untuk mendapatkan rumah hemat biaya. Kami akan mewujudkan rumah sederhana namun rumah yang nyaman untuk ditempati.

Prinsip desain interior untuk rumah minim budget juga menggunakan desain sederhana dengan penataan ruang dalam seefektif mungkin dan pemaksimalan penghawaan alami ruang dengan bukaan jendela yang optimal. Proses pembangunan rumah dengan struktur-kontruksi sederhana & pembuatan dinding bata merah unfinishing (tanpa plester, acian dinding dan penggunaan cat tembok), pembuatan lantai unfinishing.

Penghematan biaya juga dapat dilakukan dengan pembangunan rumah tanpa finishing, biasa disebut rumah unfinishing. Jadi bahan pembangunan tanpa diberikan finishing misalkan: pasangan bata sebagai unsur pembentuk dinding dibiarkan tanpa plester, kolom & balok dibiarkan apaadanya tanpa dicat. Bagi sebagian orang rumah ini merupakan rumah yang unik & lebih mencerminkan bangunan yang ramah lingkungan. Penerapan rumah unfinishing dapat dilakukan pada rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai. Adi Munandar Arsitek 031-70433570. Jasa arsitek muda Indonesia untuk rumah di Seluruh Indonesia.

9 komentar:

  1. Terimakasih atas apresiasinya. Jika ingin bangun rumah / renovasi rumah silahkan hubungi 031.7043.3570

    BalasHapus
  2. Mas, rumah seperti itu biaya per meternya kena berapa?

    BalasHapus
  3. Numpang Share Vinyl Floor, bisa diliat di Www.vinylkorea.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mas mhn info gambar foto rmh yang pertama itu lokasinya dimana. Kira2 itu biayanya habis berapa? Tks.

    BalasHapus
  5. numpang share,,,,, atap galvalume spandeck & trimdeck di www.atapgalvalume.com
    tks

    BalasHapus
  6. numpang share yah,,,, kunjungi www.atapgalvalume.com

    BalasHapus
  7. simple yet elegant, i like it..

    BalasHapus
  8. Waduh..kayanya jiwa rumah ini cocok banget buat saya. Natural..sederhana..tropis..tidak gagah..tidak mewah....terkesan ramah....tapi kalo bata expose tidak diplester apa gak cepet lapuk pak kena air hujan. Pak perbanyak cntoh desainnya utk inspirasi kami...makasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...