Merenovasi Rumah Sederhana type-21

Arsitektur - Rumah sederhana tipe 21, bagaimanakah cara merenovasi rumah tipe sederhana ini. Rumah sebagai salah satu  kebutuhan primer manusia yang utama setelah sandang dan pangan. Sangat disayangkan biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk dapat mencapai kebutuhan ini tidaklah murah walaupun untuk mendapatkan rumah sederhana. Bahkan dengan cara mengangsur dalam jangka waktu yang panjang pun rasanya masih berat. Oleh karena itu kemudian banyak orang yang terpaksa menurunkan standart kenyamanan dalam bertempat tinggal dengan membeli rumah sederhana type 21.

 Kecilnya luasan rumah sederhana type-21, seseorang menghadapi konsekuensi terhadap minimnya ukuran tiap ruang yang utama. Rumah ini biasa disebut dengan rumah inti, hanya terdiri dari  1 raung ridur, 1 ruang  tamu an km/wc. Biasanya ruang tidur pada kondisi normal  minimal membutuhkan luas 9m2 (3x3) agar dapat menampung tempat tidur, almari dan meja kecil. Namun pada rumah inti hanya mendapatkan ruang tidur dengan ukiuran 2.5x2.5.

Rumah tipe-21 pada gambar di atas ini akan direnovasi menjadi rumah  yang nyaman dan sehat  Diharapkan solusi kereatif arsitek untuk perubahan rumah sederhana ini yang dengan menjadi satu ruang tamu, tiga ruang tidur, ruang makan, kamar mandi, dapur, teras. Dalam hal merenovasi rumah sederhana type-21, Ruang tidur utama dibuat seluas kurang lebih 12m2 agar dapat memuat tempat tidur standart ukuran 2x1.6. Untuk itu pengembangan tipe-21 harus menuntut perubahan dimensi dan susunan secara total semua ruang di rumah inti yang ada bila  mengharapkan  ruang-ruang yang lebih nyaman untuk ditempati oleh pasangan muda dengan satu atau dua orang anak yang masih kecil. 

Perletakan dapur lama terpaksa harus dipindah ke bagian depan karena letaknya yang lama kurang menguntungkan. Ruang tidur lama diperbesar, dua ruang tidur yang lain diletakkan di belakang menghadap ke taman. Tempat jemuran diletakkan di di depan. Untuk menghindari pandangan pada tempat jemuran dari depan dapat ditutup dengan dinding kerawangan. Dapur (2x3) menghadap ke tempat jemuran. 

Teras depan diperluas sampai ke pagar dengan atap sosoran ataupun atap deck baru serta diberikan dinding pendek setinggi kurang lebih 1.2m untuk menghindari pandangan langsung dari jalan. Teras ini dapat difungsikan sebagai ruang tamu, sedangkan ruang tamu yang lama lebih merupakan ruang keluarga.

Demikian renovasi rumah dengan perubahan bertahap yang telah dilakukan pada rumah Sederhana type-21. Apabila anda kesulitan dalam menata rumah type sederhana dan merenovasi pembangunan rumah dengan mendapatkan lahan dengan ukuran dan posisi rumah yang berbeda. Hubungi kami tim arsitek untuk pembangunan rumah dengan harga borongan rumah terjangkau. Untuk mendapatkan solusi ide arsitek. Kami dengan senang sekali membantu anda. Hubungi tim arsitek surabaya - adi arsitek 031-70433570.

2 komentar :

  1. numpang share gan,,,,,,,

    Anda memerlukan atap untuk perumahan, kantor, ruko atau yang lainnya???? Kami Karunia Steel menjual atap galvalume ( atap spandek (spandeck) dan atap trimdek (trimdeck) ) dengan mutu terjamin. Dapatkan harga khusus untuk pembelian lebih dari 2.000 meter. Dapatkan informasi selengkapnya di www.atapgalvalume.com atau pesan sekarang di 0361-7470700.

    thanks

    BalasHapus